Bagaimana
etika komputer dan kompetensi content
evaluation menjadi sebuah strategi menangkal radikalisme menjadi
permasalahan dalam kajian ini. Tujuan kajian adalah mendeskripsikan etika
komputer dan kompetensi content
evaluation sebagai strategi menangkal radikalisme guna meningkatkan
nasionalisme di era digital.
Pembahasan dalam kajian ini menggunakan teknis analisis Sintesis Wacana.
Analisis terdiri pendahuluan, lanjutan, dan akhir, dengan
mempertimbangkan unsur teks, konteks, dan wacana. Sintesis
yang dilakukan merupakan kelanjutan dari proses analisis dalam upaya
merekonstruksi teks dan konteks. Sintesis dilakukan dengan menggunakan perbandingan, isu-isu, dan fakta dalam rangka menjelaskan implikasi etika komputer dan kompetensi content evaluation
dalam menghadapi permasalahan radikalisme di era digital. Penelitian
terdahulu, kasus, dan data yang didapatkan dengan teknik
Netnography menjadi
unsur penting dalam memenuhi subtansi teks dan konteks.
Hasil kajian menampilkan langkah-langkah dalam menangkal
radikalisme di era digital, yaitu: a) Perilaku
etis penggunaan teknologi, komputer, dan media sosial; b) Formulasi dan
justifikasi kebijakan penggunaan teknologi, komputer, dan media sosial; c)
Pendidikan etika komputer dan literasi digital; d) Pemahaman content
evaluation dalam penggunaan internet dan media sosial; e) Menganalisis
latar belakang informasi yang ada di internet juga meliputi identifikasi keabsahan berita dan informasi
yang direferensikan media online.
Keyword: Etika Komputer, Content Evaluation,
Radikalisme, Era Digital
Heriyanto.2017. Etika Komputer dan Kompetensi Content Evaluation sebagai Strategi Menangkal Radikalisme Guna Meningkatkan Nasionalisme Di Era Digital. Seminar Nasional Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.
Etika Komputer dalam Menangkal Radikalisme |
No comments:
Post a Comment