Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa
Heriyanto
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten
heriyanto@stabn-sriwijaya.ac.id
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap kepuasan mahasiswa STABN Sriwijaya. Penelitian dibatasi pada mahasiswa STABN Sriwijaya semester genap tahun akademik 2014/2015. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian dilakukan di STABN Sriwijaya Tangerang Banten. Subjek penelitian adalah mahasiswa STABN Sriwijaya tahun akademik 2014/2015 berjumlah 116 orang. Objek penelitian terdiri dari Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Variabel independen penelitian yaitu Pelayanan (X 1 ) dan Fasilitas (X 2 ), sedangkan variabel dependen pada penelitian yaitu Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes menggunakan kuesioner dengan lima klasifikasi menggunakan skala Likert. Kuesioner yang dibagikan berjumlah 116, dua tidak dikembalikan dengan alasan yang tidak diketahui. Pengujian asumsi klasik dilakukan dengan uji normalitas regresi, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji prasyarat dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian mendapatkan persamaan Regresi Linier Berganda. Nilai persamaan Regresi Linier Berganda adalah Y’=(-0,225)+0,495X 1 +0,691X 2. Terjadi hubungan positif antara Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa. Kenaikan Pelayanan dan Fasilitas akan diikuti dengan peningkatan Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Penurunan Pelayanan dan Fasilitas akan diikuti juga dengan menurunnya tingkat kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Terdapat pengaruh antara Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya sebesar 73,4%. Secara parsial terdapat pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya dan terdapat pengaruh signifikan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya.
Keyword: Pelayanan, Fasilitas, STABN Sriwijaya, Kepuasan Mahasiswa
Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa |
No comments:
Post a Comment