Thursday, February 21, 2019

Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangeran Banten

Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa

Heriyanto 
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten 
heriyanto@stabn-sriwijaya.ac.id 
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya pengaruh Pelayanan dan  Fasilitas  terhadap Kepuasan  Mahasiswa  STABN  Sriwijaya.  Tujuan penelitian  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  Pelayanan  dan  Fasilitas terhadap  kepuasan  mahasiswa  STABN  Sriwijaya.  Penelitian  dibatasi  pada mahasiswa STABN Sriwijaya semester genap tahun akademik 2014/2015. Jenis  penelitian kuantitatif  dengan  pendekatan  Ex  Post  Facto. 

Penelitian  ini merupakan  penelitian  populasi.  Penelitian  dilakukan  di  STABN  Sriwijaya Tangerang  Banten.  Subjek  penelitian  adalah  mahasiswa  STABN  Sriwijaya tahun akademik 2014/2015 berjumlah 116 orang. Objek penelitian terdiri dari Pelayanan,  Fasilitas,  dan  Kepuasan  Mahasiswa  STABN  Sriwijaya.  Variabel independen  penelitian  yaitu  Pelayanan  (X 1 )  dan  Fasilitas  (X 2 ),  sedangkan variabel  dependen  pada  penelitian  yaitu  Kepuasan  Mahasiswa  STABN Sriwijaya  (Y).  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  teknik  non-tes menggunakan  kuesioner  dengan  lima  klasifikasi  menggunakan  skala  Likert. Kuesioner  yang  dibagikan  berjumlah  116,  dua  tidak  dikembalikan  dengan alasan  yang  tidak  diketahui.  Pengujian  asumsi  klasik  dilakukan  dengan  uji normalitas regresi,  multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji prasyarat dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis  Regresi Linier Berganda.

Hasil  penelitian  mendapatkan  persamaan  Regresi  Linier  Berganda.  Nilai persamaan Regresi Linier Berganda adalah Y’=(-0,225)+0,495X 1 +0,691X 2.  Terjadi hubungan  positif  antara  Pelayanan  dan  Fasilitas  terhadap  Kepuasan Mahasiswa.  Kenaikan  Pelayanan  dan  Fasilitas  akan  diikuti  dengan peningkatan  Kepuasan  Mahasiswa  STABN  Sriwijaya.  Penurunan  Pelayanan dan  Fasilitas  akan  diikuti  juga  dengan  menurunnya  tingkat  kepuasan Mahasiswa  STABN  Sriwijaya.  Terdapat  pengaruh  antara  Pelayanan  dan Fasilitas  secara  bersama-sama  terhadap  Kepuasan  Mahasiswa  STABN Sriwijaya sebesar 73,4%. Secara parsial terdapat pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan  Mahasiswa  STABN  Sriwijaya  dan  terdapat  pengaruh  signifikan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya.

Analisis Regresi Berganda
Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa
Keyword: Pelayanan, Fasilitas, STABN Sriwijaya, Kepuasan Mahasiswa

No comments:

Post a Comment