Wednesday, November 7, 2018

Kompetensi Literasi Digital

Gilster (1997: 3) membagi digital literacy competencies ke dalam empat kompetensi inti yang perlu dimiliki, yaitu: Internet Searching, Hypertextual Navigation, Content Evaluation, dan Knowledge Assembly.
  1. Internet Searching. Kompetensi ini mencakup beberapa komponen yakni kemampuan untuk melakukan pencarian informasi di internet dengan menggunakan search engine, serta melakukan berbagai aktivitas didalamnya.
  2. Hypertextual Navigation. Sebagai suatu keterampilan untuk membaca serta pemahaman secara dinamis terhadap lingkungan hypertext. Memahami navigasi hypertext dalam website dan browser. Kompetensi ini mencakup beberapa komponen yaitu: 1) Pengetahuan tentang hypertext dan hyperlink beserta cara kerjanya, 2) Pengetahuan tentang perbedaan antara membaca buku teks dengan melakukan browsing melalui internet. 3) Pengetahuan tentang cara kerja website meliputi pengetahuan tentang bandwidth, http, html, dan url, serta 4) Kemampuan memahami karakteristik halaman website.
  3. Content Evaluation. Kompetensi content evaluation mencakup beberapa komponen antara lain: 1) Kemampuan membedakan antara tampilan dengan konten informasi yakni persepsi pengguna dalam memahami tampilan suatu halaman website yang dikunjungi, 2) Kemampuan menganalisis latar belakang informasi yang ada di internet yakni kesadaran untuk menelusuri lebih jauh mengenai sumber dan pembuat informasi, 3) Kemampuan mengevaluasi suatu alamat website dengan cara memahami macam-macam domain untuk setiap lembaga ataupun negara tertentu, 4) Kemampuan menganalisis halaman website, serta 5) Pengetahuan tentang FAQ dalam suatu newsgroup/grup diskusi.
  4. Knowledge Assembly. Kompetensi ini sebagai suatu kemampuan untuk menyusun pengetahuan, membangun suatu kumpulan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, dan kemampuan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi fakta dan opini dengan baik. Hal ini dilakukan untuk kepentingan tertentu baik pendidikan maupun pelaksanaan tugas. Kompetensi ini mencakup beberapa komponen yaitu: 1) Kemampuan untuk melakukan pencarian informasi melalui internet, 2) Kemampuan untuk membuat suatu personal newsfeed atau pemberitahuan berita terbaru yang akan didapatkan dengan cara bergabung dan berlangganan berita dalam suatu newsgroup, mailing list maupun grup diskusi lainnya yang mendiskusikan atau membahas suatu topik tertentu sesuai dengan kebutuhan atau topik permasalahan tertentu, 3) Kemampuan untuk melakukan analisis terhadap informasi yang diperoleh, 4) Kemampuan untuk menggunakan semua jenis media untuk membuktikan kebenaran informasi, serta 5) Kemampuan untuk menyusun sumber informasi yang diperoleh di internet dengan kehidupan nyata yang tidak terhubung ddalam jaringan komunikasi internet.
digital literacy competencies
digital literacy competencies
Sumber gambar https://tecnologia.mediatelecom.com.mx/2018/09/20/la-era-digital-ha-transformado-todo-que-hasta-podemos-trabajar-en-pijama

Davis & Shaw (2011) menyatakan terdapat 6 kompetensi utama digital literacy, meliputi
 a. Pemahaman format digital dan non digital;
 b. Penciptaan dan komunikasi informasi digital;
 c. Evaluasi informasi;
 d. Penghimpunan atau perakitan pengetahuan;
 e. Literasi informasi, dan
 f. Literasi media.

Digital literacy competencies menjadi sebuah indikator dan alat ukur kemampuan seseorang hingga dapat dikatakan memiliki kemampuan digital literacy. Digital literacy competencies menjadi sebuah kemampuan, keterampilan, yang bergabung dengan pengalaman dalam menggunakan teknologi digital.

No comments:

Post a Comment