Sunday, October 28, 2018

Strategi Digital - Digital Strategy

Digital adalah aplikasi teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja manusia Strategi digital berbeda dengan strategi teknologi informasi. Pertanyaan yang kerap kali muncul adalah untuk apa implementasi, pengadaan, dan pemanfaatan teknologi digital dilakukan. Banyak dari organisasi hanya terkonsentrasi pada penerapan teknologi baru pada produk, praktik, dan proses baru, tetapi dengan melupakan bahwa teknologi digital menjadi sebuah roadmap dan acuan dalam mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi.

Strategi digital adalah proses untuk memilih teknologi mana yang akan diinvestasikan dan ke mana investasi itu akan diarahkan. Pendekatan strategi digital menghasilkan suatu perencanaan dan berbagai bentuk manajemen untuk mencapai tujuan. Dengan melihat faktor internal dan eksternal perguruan tinggi khususnya perkembangan dunia digital yang mempengaruhi, strategi digital mengarah pada implementasi, pemanfaatan, dan investasi teknologi digital dalam mendukung seluruh proses, menajemen, dan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan perguruan tinggi. Strategi digital adalah kebutuhan untuk berfokus pada kebijakan, proses yang diutamakan, dan Sumber Daya Manusia yang tepat dapat dipercaya dalam menghadapi perkembangan digital (Boag, 2013).

Berkaitan dengan perguruan tinggi, strategi digital mengubah bentuk proses, interaksi, pemasaran, dan melihat secara tajam prospek perkembangan dunia digital sebagai daya upaya dalam menghadapai perubahan harapan masyarakat dan penyesuaian terhadap peraturan dan kebijakan perguruan tinggi. Strategi digital yang hebat memberikan arahan, memungkinkan para pimpinan memimpin dengan inisiatif digital, mengukur kemajuan mereka, dan kemudian mengalihkan upaya tersebut sesuai kebutuhan (Ross, et al, 2017: 8). Langkah pertama dalam strategi digital adalah berpikir secara kritis, langkah digital apa yang harus diupayakan untuk mengatasi berbagai permasalahan dan memenangkan aspek pasar organisasi. Begitu juga dengan perguruan tinggi, menentukan strategi digital harus didahului analisis yang komprehensif, dengan melihat aspek internal dan eksternal perguruan tinggi. Undang-undang, peraturan, kebijakan, aspek keunggulan, dan kelemahan perguruan tinggi harus menjadi bahan dalam merumuskan strategi digital.

Referensi:
https://www.accenture.com/us-en/blogs/blogs-digital-what-is-digital-strategy.
Boag, Paul. 2013. So You Want To Write A Digital Strategy https://www.smashingmagazine.com/2013/07/you-want-to-write-a-digital-strategy ((diakses 19 Agustus 2018).
Ross, W, Jeanne., et al. 2017. How to Develop a Great Digital Strategy. MITSLoan Management Review, Vol. 58, No. 2 Reprint #58204.

No comments:

Post a Comment