PEST ANALYSIS SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN BUDDHA

23.13

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana PEST analysis sebagai strategi peningkatan pelayanan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB). Fokus penelitian pada analisis faktor eksternal yang mempengaruhi PTKB ditinjau dari politik/hukum, ekonomi, sosial, dan teknologi, yang selanjutnya digunakan dalam menentukan strategi guna peningkatan pelayanan PTKB. 

Penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Subjek penelitian terdiri dari dosen, mahasiswa, dan para pemegang kebijakan manajemen perguruan tinggi. Objek penelitian meliputi berbagai faktor eksternal organisasi ditinjau dari faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Analisis data menggunakan model miles and huberman. Analisis lingkungan eksternal dengan PEST Analysis dan Value Chain Analysis digunakan untuk menentukan proses utama dan pendukung PTKB. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data skunder menjadi data penting dalam penelitian untuk mencari faktor eksternal makro PTKB.

Hasil penelitian menunjukan strategi peningkatan pelayanan PTKB melalui pendidikan dan pembelajaran yaitu: (1) restrukturisasi dan manajemen kurikulum, (2) adopsi teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, (3) forum dan diskusi ilmiah antar-PTKB, (5) program beasiswa dan bantuan pendidikan, (6) kerja sama antar-PTKB, (7) pembinaan kerukunan antarumat beragama, penerapan metode, model, strategi, dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa, (8) workshop, pelatihan, bimbingan teknologi informasi dalam pembelajaran (9) peningkatan kualifikasi dosen, dan (10) keterlibatan masyarakat dalam proses pembelajaran. Strategi bidang penelitian dilakukan dengan memberikan kontribusi nyata penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis kebutuhan dan pemberdayaan. Bidang pengabdian masyarakat dengan berbagai kegiatan yang lebih menekankan pada dimensi sosial perguruan tinggi sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi serta melakukan pelatihan dan bimbingan dengan perkembangan TIK. Strategi bidang pendukung PTKB seperti: (1) pendanaan dengan perencanaan kebutuhan dan berbasis program, (2) update informasi peraturan serta kebijakan pendidikan dan PTKB, (3) peran maksimal kinerja divisi kepegawaian, (4) studi lanjut dosen dan tenaga kependidikan, (5) penerimaan pegawai, (6) koordinasi yang baik PTKB dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, (7) membentuk SDM TI serta divisi manajemen sistem informasi dan pangkalan data, dan (8) peningkatan sarana prasarana, infrastruktur teknologi serta sesosialisasi, promosi, dan publikasi PTKB secara berkelanjutan.

Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha
PEST Analysis sebagai strategi peningkatan pelayanan Perguruan Tinggi Kegamaan Buddha
Sumber Gambar: www.visual-paradigm.com
https://www.visual-paradigm.com/guide/strategic-analysis/what-is-pest-analysis


Pendahuluan
Pendidikan tinggi merupakan gerbang utama pencetak insan intelektual melalui berbagai proses yang dilakukan. Perkembangan agama tidak terlepas dari peran masyarakat intelektual dengan berbagai kompetensi yang dimiliki. Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) menjadi basis utama dalam pendidikan tinggi, penemuan, dan riset baru yang digunakan dalam mendukung pelayanan bidang agama dan keagamaan Buddha. Peran strategis perguruan tinggi (negeri maupun swasta) mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) intelektual tidak terlepas dari permasalahan internal maupun eksternal perguruan tinggi. Lingkungan eksternal perguruan tinggi berpengaruh besar terhadap perkembangan, operasional, pelayanan, dan jasa pendidikan yang diberikan.
Perubahan lingkungan perguruan tinggi terjadi melalui pergeseran paradigma, manajemen pengelolaan, dan persaingan pendidikan. Perubahan paradigma pendidikan terjadi akibat globalisasi dan arus perkembangan teknologi informasi. Globalisasi menjadi tantangan dan permasalahan bagi masa depan perguruan tinggi, menjadi pertanyaan utama perguruan tinggi dalam melaksanakan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Globalisasi harus dipahami dan dianalisis sebagai situasi multidimensi meliputi berbagai bidang kegiatan dan interaksi ekonomi, politik, sosial budaya, teknologi, etik, lingkungan, dan personal.
Dinamika politik/hukum, perekonomian masyarakat, pergeseran dan perubahan sosial, serta kemajuan teknologi memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan perguruan tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsi. PEST analysis memberikan gambaran situasi dan kondisi lingkungan eksternal ditinjau dari faktor politik/hukum, ekonomi, sosial, dan teknologi. Fakta menampilkan kendala PTKB di Indonesia tidak lepas dari faktor politik (hukum dan perundang-undangan, kebijakan), ekonomi masyarakat, sosial kultural, serta adopsi teknologi yang berkembang dalam dunia pendidikan. Beberapa kendala PTKB seperti: (1) program studi jenjang S2 berstatus tutup pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dikarenakan tidak dapat memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, (2) penghasilan keluarga dan biaya kuliah berakibat pada menurunnya jumlah mahasiswa, (3) kurangnya penerapan hasil penelitian terhadap pembelajaran dan masyarakat, (4) belum maksimalnya pengabdian berbasis kebutuhan dan pemberdayaan berkelanjutan, (5) lemahnya kepercayaan masyarakat dan daya dukung lingkungan, (6) kurangnya adopsi teknologi dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, serta belum maksimalnya manajemen data dan informasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan akademik dan pelaporan.
Dengan analisis mendalam data kualitatif perguruan tinggi serta berbagai faktor politik/hukum, ekonomi, sosial, dan teknologi yang mempengaruhi, PEST analysis memberikan gambaran peluang, ancaman, situasi, dan posisi perguruan tinggi saat ini. Analisis menghasilkan arah perencanaan dan langkah-langkah strategis sebagai dasar implementasi untuk keluar dari hambatan yang ada, serta memberikan pelayanan maksimal dalam proses pendidikan.

Bagaimana PEST Analysis sebagai strategi peningkatan pelayanan PTKB menjadi permasalahan tersendiri dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana PEST Analysis sebagai strategi peningkatan pelayanan PTKB. Hasil penelitian memiliki kontribusi untuk beberapa aspek yaitu: aspek teori, sistem, teknis atau praktik, kebijakan dan manajemen, serta aspek penelitian lanjutan. 
Pendidikan dan Pembelajaran
(1) Restrukturisasi dan manajemen kurikulum, (2) adopsi teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, (3) forum dan diskusi ilmiah antar-PTKB, (4) program beasiswa dan bantuan pendidikan, (5) kerja sama antar-PTKB, (6) pembinaan kerukunan antarumat beragama, (7) penerapan metode, model, strategi, dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa, (8) workshop, pelatihan, bimbingan teknologi informasi dalam pembelajaran, (9) peningkatan kualifikasi dosen, dan (10) keterlibatan masyarakat dalam proses pembelajaran.
Penelitian
Strategi dalam bidang penelitian dilakukan dengan memberikan kontribusi nyata penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat berbasis kebutuhan dan pemberdayaan.
Pengabdian kepada Masyarakat
Strategi bidang pengabdian masyarakat terdiri dari berbagai kegiatan berkaitan dimensi sosial perguruan tinggi. Pelatihan, bimbingan, dan pengabdian dosen berkaitan dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Keuangan dan Administrasi
Pendanaan melalui perencanaan sesuai kebutuhan dan berbasis program.
Kepegawaian dan SDM
(1) Update informasi berbagai peraturan dan kebijakan berkaitan dengan pendidikan dan PTKB, (2) peran maksimal kinerja divisi/bagian kepegawaian PTKB dalam tugas dan fungsi, (3) studi lanjut dosen dan tenaga kependidikan, (4) penerimaan pegawai, (5) koordinasi yang baik PTKB dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, (6) membentuk SDM Teknologi Informasi (TI) dan divisi manajemen sistem informasi dan pangkalan data.
Umum dan Sarana Prasarana
Fasilitas dan infrastruktur sistem dan teknologi informasi.
Sosialisasi, Promosi, dan Publikasi
Berbagai bentuk sosialisasi, promosi, dan publikasi secara berkelanjutan dalam berbagai bidang kebutuhan.

Daftar Referensi:
Abdullah, Mohammad Nayeem dan Robaka Shamsher. “A Study on the Impact of PEST Analysis on the Pharmaceutical Sector: The Bangladesh Context”. David Publishing Journal of Modern Accounting and Auditing, ISSN. 1548-6583, Vol. 7, No. 12, 1446-1456, 2011. Print
AECCenter Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Tentang AEC 2015. 2015. Web. http://aeccenter.kemendag.go.id/tentangaec2015
Badan Pusat Statistik. Indikator Ekonomi, Buletin Statistik Bulanan, Edisi Juli 2016. Print.
Begg dan Connolly. Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. England: Pearson Education Limited, 2015. Print.
David, F.R. Strategic  Management  Manajemen  Strategi  Konsep,  Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat, 2011. Print.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia. Pedoman Pelaksanaan Penetapan Jabatan Fungsional Bagi Dosen Bukan Pegawai Negeri Sipil Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha, 2015. Print.
Ganesh, R. dan Haslinda, A. Evolution and Conceptual Development of Service Quality in Service Marketing and Customer Satisfaction. International Review of Management and Business Researc. Vol. 3, Issue. 2,  Juni 2014. Web. <http://www.irmbrjournal.com>
Gupta, Abhishek. Environmental and PEST Analysis: An Approach to External Business Environment. Merit Research Journal of Art, Social Science and Humanities. Vol. 1(2) pp. 013 017, 2013. Web. 20 Agustus 2016. <http://www.meritresearchjournals.org/assh/index.htm>.
Halimatus. Jokowo Ungkap Alasan Reshuffle Kabinet Kerja. Republika Online. 2016. Web. 29 Juli 2016. <http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/politik/16/07/27/oaymid282jokowiungkapalasanreshufflekabinetkerja>.
Hattersley, Millett dan Shop. Computing Fundamentals Digital Literacy Edition. United Kingdom: John Wiley & Sons, 2014. Print.
Hitt, Ireland, dan Hoskisson. Strategic Management: Competitiveness and Globalization (Concepts and Cases) 8th Edition. USA: South-Western, a part of Cengage Learning, 2009. Print.
Indrajit dan Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Moderen. n.p. n.d. Print.
Kotler, Keller. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009. Print.
Kotler, Keller. Marketing Management 14th. Prentice Hall, New York, 2012. Print.
Koumparouli dan Dimitrios Nikolaou. PEST Analysis: The case of E-Shop. TI Journal: International Journal of Economy, Management and Social Sciences, ISSN. 2306-7276, 2013. Print.
Maturbongs, Yoseph Hendrik dan Riri Satria. Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Institusi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita. Yogyakarta : Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 17-18 Juni 2011. ISSN: 1907-5022.
Morden, Tony. Principles of Strategic Management, Third Edition. England: Ashgate Publishing Limited, 2007.
Kementerian Agama Republik Indonesia. Keputusan Direktorat Jenderal Bimbingan  Masyarakat Buddha No. 436 tahun 2015 Tentang Rencana Strategis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Tahun 2015 -2019.
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015: Meningkatkan Daya Saing, Meraih Peluang. Disampaikan Direktur Kerjasama ASEAN, Ditjen Kerjasama Perdagangan Internasional, KEMENDAG, 2015. Print.
Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, 2016.  Web. http://forlap.dikti.go.id/prodi/detail/OUFFNDM2NUUtODFFRS00N0MwLUE1RUEtNzE4QzFFODAzRkEz (diakses 12 September 2016).
Peraturan Pemerintah No.37 Tahun 2009, Tentang Dosen. Print.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 39 Tahun 2014, Tentang Pendidikan Keagamaan Buddha. Print.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 3 Tahun 2015, Tentang Pengangkatan Dosen Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Dosen Tetap Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta. Print.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 1 Tahun 2016, Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama No. 11 Tahun 2014 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor dan Ketua Pada Perguruan Tinggi Keagamaan yang Diselenggarakan oleh Pemerintah. Print.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesai No 44 Tahun 2015, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Print.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesai No 2 Tahun 2016, Tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi. Print.
Pearce dan Robinson. Manajemen  Strategis:  Formulasi,  Implementasi  dan  pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2008. Print.
Porter, M.E. Competitive Advantage Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press, 1985. Print.
Sinambela, P.L. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010. Print.
Tjiptono, Fandy. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi II.Yogyakarta: Andi, 2012. Print.
Ward dan Peppard. Strategic Planning for Information System 3nd ed. England: John Wiley & Sons, 2002. Print.
Badan Pusat Statistik Indonesia. Web. https://www.bps.go.id
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha. Web. http://bimasbuddha.kemenag.go.id
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Web. http://www.kemendag.go.id/en
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Web. http://ristekdikti.go.id

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images