Sisi Gelap Jejaring Sosial

21.13

Jaringan Sosial dengan pemanfaatan sistem dan teknologi informasi dalam bentuk internet seperti Facebook, Twitter, Istagram, dan BlackBerry Messenger (BBM). Generasi atau pengguna internet membuka diri sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan. Penggemar berat Facebook, Twitter, dan Istagram mencantumkan informasi sekecil apapun yang mereka miliki tentang diri sendiri (data pribadi) dan orang lain kedalam media online. Agar semua teman dapat melihat, mulai dengan ungkapan-ungkapan isi hati (rasa sayang, kegalauan) hingga foto-foto pribadi yang sangat terbuka (foto seksi).

Sisi Gelap Jejaring Sosial dapat terlihat melalui status facebook, beberapa status membuat terjadinya pertengkaran antar teman dan keluarga. Peningkatan terjadinya perceraian suami istri akibat jejaring sosial.  Perdagangan anak melalui jejaring sosial, kejahatan seksual dan prostitusi online, serta kasus anak hilang dikarenakan teman facebook.

Para pengguna Facebook bersikap sangat polos, tidak terpikirkan dikemudian hari ada orang yang akan memanfaatkan informasi dan foto pribadi mereka. Mereka hanya ingin membagikan yang menurut mereka peristiwa penting, membahagiakan, unik, dan lucu, kepada teman dan orang lain. Pengguna jejaring sosial yang tidak dibekali dengan pemahaman filter dan sharing informasi yang baik, mereka tidak akan mau mengerti bahwa kerahasiaan pribadi itu sangatlah penting. Baca juga Perkembangan Smartphone belum diimbangi dengan Kemampuan Filter dan Sharing Informasi


Foto Selfie Cewek ABG
Foto Selfie
referensi:
Don Tapscott. 2008. Grown Up Digital, How The Net Generation Is Changing Your World. New York: McGraw-Hill.
http://tekno.liputan6.com/read/263323/gara-gara-facebook-perceraian-meningkat
 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images