Friday, June 26, 2015

Penyusunan Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dengan Enterprise Architecture Planning (EAP)

Penyusunan Rencana Strategis Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi (TI) dengan Enterprise Architecture Planning (EAP)
Studi Kasus Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

Rencana strategis SI/TI pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten merupakan suatu langkah menyelaraskan sistem dan teknologi informasi sesuai dengan strategi dan proses bisnis STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan melakukan observasi terhadap organisasi. Analisis yang digunakan adalah dengan metode Value Chain, SWOT, PEST, Porters Five Force, dan Critical Success Factor (CSF). Hasil dari penelitian ini adalah bentuk atau rumusan rencana strategis SI/TI yang sesuai dengan STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten, dalam bentuk arsitektur data, aplikasi, dan teknologi untuk mendukung proses bisnis STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.


Penelitian dibatasi pada penyusunan rencana strategis SI/TI pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Perencanaan strategis SI/TI dibuat dalam bentuk enterprise architecture yang meliputi arsitektur data, aplikasi, dan teknologi. Arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi dibuat dengan metodologi Enterprise Architecture Planning (EAP) dalam kerangka kerja Zachman.
Identifikasi Area Bisnis
Berdasarkan analisis Value Chain, area fungsional utama untuk model pendidikan di STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten dapat dikelompokkan ke dalam kegiatan utama dan kegiatan pendukung. Kegiatan utama terdiri dari Penerimaan Mahasiswa, Operasional Akademik dan Penglepasan Akademik. Sedangkan kegiatan pendukung terdiri dari Keuangan, Kepegawaian, bagian umum Sarana Prasarana dan Unit Pelaksana Teknis pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Dalam menjalankan kegiatan bisnis berdasarkan aktivitas utama dan pendukung, STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten diharapkan mendapat suatu margin keuntungan melalui kinerja yang efektif dan efisien yang bergantung pada kemampuan untuk mengatur keterkaitan antar semua aktivitas yang ada. File lengkap baca disini: Renstra IT STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten
Analisis Internal STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten
Analisis Value Chain STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten
Sumber dan download disini: 
Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi : Renstra IT STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

No comments:

Post a Comment